Pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 8 Palembang

Pipin Erlina, 06101405019 (2015) Pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 8 Palembang. PPKn, universitas sriwijaya.

[thumbnail of PM 2016 Pipin Erlina.pdf]
Preview
Text
PM 2016 Pipin Erlina.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa pada mata pelajaran PPKN di SMA Negeri 8 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen tipe time series design yang menggunakan satu kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas Xi IPA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Berdasarkan hasil rata observasi aspek afektif siswa yang diperoleh dari data sebelum dan sesudah diterapkannya pendidikan karakter sebesar 75.55% dan 77.8% band hasil rata angket pada pertemuan akhir sesudah diterapkannya pendidikan karakter untuk aktif pendidikan karakter dan aspek afektif meningkat menjadi 79.35% dan 86,78%, selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test maka diperoleh nilai hitung sebesar 33. 377> 6,756 pada taraf signifikan 5% atau a =. 05 dengan tingkat keyakinan 95% dengan demikian tolak h0 dan terima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi pendidikan karakter sesudah diterapkannya pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa pada mata pelajaran PPKN di SMA Negeri 8 Palembang.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:24
Last Modified: 30 Dec 2021 03:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60127

Actions (login required)

View Item View Item