Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Moodle Materi Warga Negara dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK

Novitasari, Resy (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Moodle Materi Warga Negara dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK. Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Resy Novitasari M.pdf]
Preview
Text
Resy Novitasari M.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Moodle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafia & Peck dan evaluasi Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, walkihrough, angket dan observasi. Validasi melibatkan ahli media, materi dan bahasa, yang menggunakan mulkihrough. validasi media dengan rata-rata 4.3, validasi materi dengan rata-rata 4.4 dan validasi bahasa 4.1 dan semua vatidasi dinyatakan sangat valid, untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one to one dengan rata-rata 4.9. tahap small group dengan rata-rata 4.5 semua tahapan terkategori sangat praktis. Tahap field test mempunyai efek potensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan angket didapat persentase 86,8% kategori motivasi sangat tinggi dan persentase observasi 85,9% kategori motivasi sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Moodle dinyatakan valid, praktis dan berpotensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK. Kata kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, Moodle, motivasi belajar siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:25
Last Modified: 30 Dec 2021 03:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60144

Actions (login required)

View Item View Item