Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran "Arias" Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Kecamatan ABAB Kabupaten Panukal ABAB Lematang Ilir

Meriyani, Meti (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran "Arias" Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Kecamatan ABAB Kabupaten Panukal ABAB Lematang Ilir. Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Meti Meriyani.pdf]
Preview
Text
Meti Meriyani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran “ARIAS" terhadap hasil belajar siswa nada pelajaran PPKn di SMAN 1 kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitan pre-exsperimental design yang menggunakan desain one group pretest postest desain Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 159 orang dengan sampel kelas XI IPS 2 berjumlah 32 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis rata-rata hasil tes siswa setelah menggunakan model pembelajaran “ARIAS” didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran “ARIAS” sebesar 75 dengan kategori baik yang telah melebihi KKM. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji regresi linier sederhana didapatk n nilai signifikasi sebesar .000 dan nilai (α) sebesar .05 dengan demikian hasil yang diperoleh adalah nilai Sign < α (.000 < .05), maka keputusan yang diambil Ho, ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran ARIAS” terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMAN 1 Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Aab Lematang Ilir. Kata kunci : Model Pembelajaran “ARIAS”, Hasil belajar siswa, Penukal Abab Lematang Ilir.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:22
Last Modified: 30 Dec 2021 03:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60146

Actions (login required)

View Item View Item