Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Palembang

Maharani, Tidi (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PM 2015 Tidi Maharani.pdf]
Preview
Text
PM 2015 Tidi Maharani.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelayaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kalas VIII SMP Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dangan Purposivw Sampling Kelas VIII 3 (eksperiment) menerapkan model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group sedangkan kelas VIII 1 (kontrol) menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dan data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan test. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α=05 . Rata-rata hasil tes siswa pada kelas eksperimen yaitu = 81 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 78 dengan KKM = 75 Berdasarkan analisis uji-t yang dilakukan diperoleh nilai t-hitung= 3.042 sedangkan t-tabel= 1.991 karena t-hitung > dari t-tabung dengan demikian menolak Ho, dan menerima Ha, yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh penerapan model Collaborative Learning Technique Buzz Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan. Kata Kunci: Model pembelajaran, Collaborative Learning Technique Buzz Group, hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:22
Last Modified: 30 Dec 2021 03:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60148

Actions (login required)

View Item View Item