IMPLEMENTASI REINFORCEMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG SKRIPSI

Sandova, Cynthia IMPLEMENTASI REINFORCEMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG SKRIPSI. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Cynthia Sandova.pdf]
Preview
Text
Cynthia Sandova.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi reinforcement dalam proses pembelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design, yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, dengan sampel penelitian kelas VII.6 dan kelas VII.S pyang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, observasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik parametris dengan uji hipotesis menggunakan uji independen sample t-test. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase motivasi belajar siswa di kelas VII.6 sebesar 72% dengan kategori baik sedangkan hasil rata-rata persentase motivasi belajar siswa di kelas VII8 sebesar 68% dengan kategori cukup baik. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai sign sebesar .000 dengan taraf signifikan 5% diperoleh angka .000 < .05 mengingat signifikansi di bawah .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari implementasi reinforcement dalam proses pembelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 17 Palembang.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:28
Last Modified: 17 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60321

Actions (login required)

View Item View Item