KOMPETENSI GURU PPKN DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PROSES SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG

Gusman, Dessy Arie (2016) KOMPETENSI GURU PPKN DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PROSES SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PM 2016 Dessy Arie G.pdf]
Preview
Text
PM 2016 Dessy Arie G.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru PPKn dalam menerapkan penilaian proses sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan yaitu satu orang guru PPKn kelas X. MIA 1. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian kualitatif yang dilakukan melalui uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data. penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru PPKn dalam menerapkan penilaian proses sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 6 Palembang masih belum baik. Hal ini terbukti dari masih belum terdapat kesesuaian antara yang dilakukan oleh guru belum sesuai kenyataan dengan tuntuan Kurikulum 2013 yang sebenarnya. Dari perencanaan pembelajaran lingkup penilaian proses hanya diterapkan pada dua ranah penilaian yaitu afektif dan psikomotor. Selanjutnya, dalam pelaksanaan penilaian proses tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kemudian, jumlah teknik penilaian proses seharusnya dilaksanakan sebanyak 12 kali, namun hanya dilaksanakan sebanyak lima kali.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:28
Last Modified: 17 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60325

Actions (login required)

View Item View Item