ANALISIS PERAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM BERDASARKAN UU NO 16 TAHUN 2011 DI KELURAHAN SERSAN JAYA KECAMATAN SEKAYUKABUPATEN MUSI BANYUASIN

Dahlia, Iis (2021) ANALISIS PERAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM BERDASARKAN UU NO 16 TAHUN 2011 DI KELURAHAN SERSAN JAYA KECAMATAN SEKAYUKABUPATEN MUSI BANYUASIN. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Iis Dahlia (tidak ada SK).pdf]
Preview
Text
Iis Dahlia (tidak ada SK).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lembaga bantuan hukum (LBH) dalam memberikan bantuan hukum berdasarkan UU No, 16 tahun 2011 di Serasan Jaya Musi Banyuasin. Informan dalam penelitian ini yaitu 3 anggota LBH MUBA dan 5 masyarakat yang pernah berkaitan dengan LBH di Serasan Jaya dan 1 advokat yang bukan anggota dari LBH, yang secara keseluruhan berjumlah 91 orang yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan masyarakat yang pernah berkaitan dengan LBH MUBA Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, serta observasi Berdasarkan hasil analisis data LBH MUBA telah berperan dengan baik dalam memberikan bantuan hukum bagi masyarakat di Scrasan Jaya Kabupaten MUBA, hal ini terbukti dari LBH MUBA memberikan pendampingan dalam kasus perdata itu di mulai dari upaya perdamaian, putusan tingkat pertama. putusan pengadilan tigkat banding. putusan pengadilan tingkat kasasi, dan peninjauan kembali. Sedangkan dalam perkara pidana dapat berupa pendampingan baik secara litigasi maupun non litigasi yang pada akhirnya bertujuan memberikan wawasan atau pendidikan kepada masyarakat, serta untuk memperbaiki sistem penegakan hukum yang timpang. Kata kunci: Lembaga Bantuan Hukum, Bantuan Hukum, Serasan Jaya Musi Banyuasin.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:28
Last Modified: 17 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60330

Actions (login required)

View Item View Item