Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrosfer di Sekolah Menengah Atas

Handayani, Diah (2019) Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrosfer di Sekolah Menengah Atas. Master thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Diah Handayani TP 2019.pdf]
Preview
Text
Diah Handayani TP 2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Leaming untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrosfer di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Audio Visual Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Leaming untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan modci pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri atas tiga tahap bagian yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Validasi yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tiga hal meliputi validasi untuk media, validasi untuk Materi dan Validasi untuk desain pembelajaran. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh para validator didapatkan saran dan masukan berupa media yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk diuji cobakan. Nilai praktikalitas didapatkan nilai yang sangat baik yang menyatakan bahwa media yang telah dikembangkan sangat praktis yang di nilai dari sudut pandang peserta didik. Pada penilaian efektivitas diperoleh penilaian melalui Ngain sebesar 0.72 dengan kategori tinggi. Pada penilaian berpikir kritis ketuntasan KKM mencapai 100% dengan kategori berpikir kritis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang telah dikembangan memiliki nilai valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diselenggarakan dan disarankan pada peneliti lain untuk dapat mengembangkan media dan penelitian ini pada sektor terkait lainnya. Kata kunci: Pengembangan Audio Visual, CTL, Berpikir Kritis, Hidrosfer.

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:13
Last Modified: 18 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60331

Actions (login required)

View Item View Item