Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar siswa Di Sekolah Menengah Pertama

Lauhil, Mahfuz (2020) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Master thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Lauhil Mahfuz TP 2020.pdf]
Preview
Text
Lauhil Mahfuz TP 2020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran pendidikan agama islam terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama IBA Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis true eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama IBA Palembang dengan banyak sampel 42 siswa. Kemudian diambil kelas IX.a sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.b sebagai kelas kontrol. Banyak subjek setiap kelas tersebut 21 siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan instrument tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran pendidiikan agama islam terhadap motivasu belajar dan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama IBA Palembang. Hal ini dibuktikan dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,1095, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70. Selain itu berdasarkan hasil uji-t pada hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel yaitu : 3,0525 > 2,021 pada taraf signifikasi 5% (0,05), hal ini menunjukkan ada perbedaan secara signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Adapun saran yang diberikan bagi guru dan siswa. Pertama bagi guru khususnya guru pendidikan agama islam dan umumnya guru matapelajaran yang lain di harapkan mampu memanfaatkan multimedia pembelajaran yang telah ada dalam proses pembeajaran. Kedua bagu siswa dengan menggunakan multimedia interaktif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka akan membuat siswa aktif, kreatif dan menyenangkan serta siswa akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang materi ini. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Pendidikan Agama islam, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:13
Last Modified: 18 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60332

Actions (login required)

View Item View Item