PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI TATA RUANG KANTOR DALAM MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Anggun Pebi Parizka, 06032681620018 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI TATA RUANG KANTOR DALAM MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Teknologi Pendidikan, Unsri.

[thumbnail of Anggun Pebi Parizka TP 2018.pdf]
Preview
Text
Anggun Pebi Parizka TP 2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif materi tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomasisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk peserta didik kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Palembang. Metode penenelitian yang digunakan adalah pen pengembangan dengan model penelitian pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dan tiga tahap yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, wawancara, angket, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis data hasil walkthrowgh, analisis data hasil wawancara, analisis data hasil angket, analisis data hasil observasi dan analisis data hasil belajar. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, mulimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diuji cobakan. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari penilaian pada tahap uji beta dengan rerata nilai 4,78 dengan katcgori sangat praktis. Efektivitas multimedia interaktif ini dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dan rerata nilai 40,26 kategori sangat buruk pada saat presest menjadi rerata mia 89.86 kategori sangat baik pada saat postest. Kesimpulan dan hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif materi tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran untuk guru dan pescrta didik hendaknya menggunakan mulumedia interaktif tata ruang kantor dalam mata pelajaran Otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana, untuk peneliti lain disarankan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi maupun mata pelajaran lainnya. Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:22
Last Modified: 18 Jan 2022 05:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60343

Actions (login required)

View Item View Item