PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK PADA KOMPETENSI DASAR MANAJEMEN KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SEMBAWA

Anodiet Ramboku Muhammad, 06032681519001 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK PADA KOMPETENSI DASAR MANAJEMEN KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SEMBAWA. Teknologi Pendidikan, Unsri.

[thumbnail of Anodiet Ramboku Muhammad TP 2019.pdf]
Preview
Text
Anodiet Ramboku Muhammad TP 2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif materi tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomasisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk peserta didik kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Palembang. Metode penenelitian yang digunakan adalah pen pengembangan dengan model penelitian pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dan tiga tahap yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, wawancara, angket, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis data hasil walkthrowgh, analisis data hasil wawancara, analisis data hasil angket, analisis data hasil observasi dan analisis data hasil belajar. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, mulimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diuji cobakan. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari penilaian pada tahap uji beta dengan rerata nilai 4,78 dengan katcgori sangat praktis. Efektivitas multimedia interaktif ini dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dan rerata nilai 40,26 kategori sangat buruk pada saat presest menjadi rerata mia 89.86 kategori sangat baik pada saat postest. Kesimpulan dan hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif materi tata ruang kantor dalam mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran untuk guru dan pescrta didik hendaknya menggunakan mulumedia interaktif tata ruang kantor dalam mata pelajaran Otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana, untuk peneliti lain disarankan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada materi maupun mata pelajaran lainnya. Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK PADA KOMPETENSI DASAR MANAJEMEN KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SEMBAWA TESIS 2019 oleh Anodiet Ramboku Muhammad/06032681519001 (Belum ada sk penguji d dalam file) Sebagai Penguji S2 Program Magister Teknologi Pendidikan (Sk Penguji) nilai kum: 0,5 Abstrak : Penelitian Yang Berjudul Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Konstruktivistik Pada Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X Sekolah Mencngah Atas Negeri 2 Sembawa ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konstruktivistik Pada Kompetensi Dasar Manajemen yang valid dan praktis serta mempunyai efektivitas hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan model Rowntree Tesmer. Penelitian ini melalui tahap yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi Dari hasil penilaian expert review diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran, dengan kategori sangat valid, dari hasil uji One to One diperoleh dengan kategori sangat praktis LKPD berbasis konstruktivistik materi manajemen ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif Setelah pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis konstruktivistik materi manajemen dan diperoleh N-gain yang dikategorikan sedang. Kata kunci: pengembangan, Lembar Kerja Peserta didik, Kontruktivistik, Manajemen

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan, Lembar Kerja Peserta didik, Kontruktivistik, Manajemen
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:22
Last Modified: 18 Jan 2022 05:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60345

Actions (login required)

View Item View Item