PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Anisa, Septiana PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of anisa septiana 2018 penguji.pdf]
Preview
Text
anisa septiana 2018 penguji.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pencitranian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis problem based kearning untuk meninykatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di Nckolah Menenyah Pertama yang valid, praktis dan mempunyai etek potensial Metode ponelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Ruwnree, Validaai Lembar Kerja Ponerta Didik dinilai oleh tipa orang ahli yaitu ahli denain pembelajaran, ahli materi dan ahli hahana, Validasi denain pembelajaran yaitu 3,18 yang termasuk dalam kategori valid, validasi materi yaitu 4,31 yang termasuk dalam kategori sangat vaid dan validasi bahana yaitu 4,0 yang termasuk dalam kategori valid. Untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one to one dengan rata-rata 4.9 termasuk dalam kategori sanyat praktis dan tahap small group dengan rata-rata 4.58 termasuk dalam kateyori sanyat pruktis, Pada tahap uji coba Lembar Kena Peserta Didik berbasis prohlem hased learning mempunyai cfck potensial untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, terbukti dengan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada lembar observasi memperoleh rata-rata persentase 8096 yang termasuk dalam kateyori baik dan hasil tes nilai N-Gam 0.7 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis problem based learning pada mata pelajaran PPKa di Sekolah Menengah Pertama dinyatakan valid, praktis dan memuliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKn

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:13
Last Modified: 18 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60346

Actions (login required)

View Item View Item