PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DENGAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO PADA MATERI GLOBALISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Liotoki, Juliangga Zagili (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DENGAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO PADA MATERI GLOBALISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of juliangga Zagili liotoki 2017 (penguji).pdf]
Preview
Text
juliangga Zagili liotoki 2017 (penguji).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media oudiovisual dengan menggunakan camtasia studio pada materi globalisasi dalam proses pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan evaluasi formatif Tessmer. Tahap evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini yaitu self evaluation, expert review, one-to-one, xmall group, dan field test evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan pada tahap expert review dinyatakan valid dari validator materi dengan skor 4,0 dengan kategori valid, dinyatakan valid dari validator media dengan skor 4,0 dengan kategori valid dan dinyatakan valid dari validator bahasa dengan skor 4,4 dengan kategori sangat valid, pada tahap one-to-one diperoleh skor kepraktisan 4,2 dengan kategori praktis dan pada tahap small group diperoleh skor kepraktisan 4,5 dengan kategori sangat praktis. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada tahap field test berjumlah 79% dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dengan menggunakan camtasia studio pada materi globalisasi dalam proses pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Pertama yang dikembangkan dinyatakan valid, sangat praktis, dan efektif terhadap motivasi belajar siswa dengan kategori baik.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:13
Last Modified: 18 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60349

Actions (login required)

View Item View Item