PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SPARKOL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

I MADE YOGA, SUDHAYANA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SPARKOL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of I Made Y.S 2018 (penguji).pdf]
Preview
Text
I Made Y.S 2018 (penguji).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi sparkol berbasis masalah yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Tanjung Lago. Metode yang dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan Evaluasi Formatif Tessmer. Tahap penelitian ini yaitu self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket dan observasi. Hasil penelitian pengembangan media berbasis sparkol menunjukan bahwa pada tahap expert review dinyatakan valid oleh ahli materi dengan skor 3,8 dengan kategori valid, validasi media dengan skor 4,2 dengan kategori sangat valid dan dinyatakan valid dari validator bahasa dengan skor 4,5 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media sparkol dapat dilihat pada tahap one-to-one evaluation diperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan kategori praktis dan pada tahap smali group diperoleh nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat praktis. Hasil dari observasi motivasi belajar siswa pada tahap ficld test dengan persentasi 794 dengan kategori baik. Berdasarkan dari penelitian pengembangan menggunakan media sparkol pada matapelajaran PPKn di Sekolah Menengah Kejuruan dinyatakan valid, sangat praktis dan memiliki efek potensial terhadap motivasi belajar siswa dengan kategori baik. Kata-kata Kunci : Penelitian pengembangan, sparkol videoscribe, berbasis masalah, motivasi belajar, PPKn.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:14
Last Modified: 18 Jan 2022 05:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60352

Actions (login required)

View Item View Item