PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG

M. Affan, Zulius.C (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of pembimbing pak mulyadi & pak emil (M. Affan Zulius C).pdf]
Preview
Text
pembimbing pak mulyadi & pak emil (M. Affan Zulius C).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil Belajar Siswa di kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan & SMP N 33 Palembang Adapun permasalahan delam penelitan adalah (Apakah ada Pengaruh penerapan metode pembelajaran drakum kelompok dalam memagkatkan 9 hasii belasar mywa di kelas VII! pada mata pelajaran Pendidikan Pancamia dan Kewarganegaraan 13. & mmp N 33 Palembang” Tuyuen dan penelitian im edalah ntuk mengetalun pengarah penerapan 4 metode pembelazaran drskum kelompok dalam merungktkan hasi belajar mswa di kelas VIII pada "3 mata peiagaran Pendidikan Pancamis dan Kewarganegaraan Peneitian yang delakukan am adelah « penekan Guan ekaperemental dempn, dengan tipe pretest-pomen sonegurvaleni group denga. «. Papulam pencitan adalah seluruh myua kelas VIII SMP N 33 Palembang. Teksuk sampel yang «4, digunakan adalah purpnsrve samphng yatu kelas VIII 4 sebaga kelas eksperimen sebanyak it #Onsuadan VII 1 sebapar kelas kontrol sebanyak 39 uswa. Adapun tekrk pengumpulan data 1 4 yang digunakan, adalah tekuk dokumentasi test, sedangkan tekruk analisa data menggunakan up6 € Dan amahss dan perabahasan dapat dumpulkan bahwa terdapat pengaruh yang ngmfikan dan r3 penerapan mesode pembelajaran diskum kelompok dalam memagkatkan kami belajar mowa di &kelas VIII pada mata pelayaran pendidikan pencania den kewarganegaraan & SMP N 33 1 Palembang dengan taraf marufikan sebesar 996 atm & “0.05 Hal tersebut terbukti dan rata-rata hasi 295 setiap akbar pervemuan untuk kelas eksperimen yamtu 89.4 lebih bosar debandengkan vi engan rata-rata kelas control yatu 82.5 dengan KKM 72 Secara statstik melahm analis up-t 4 diperoleh alat temag Tebeh besar dar pada tera (ihmeg”0341Pt4”1,065,) dengan demkian 4, menolak H, dan menerima H, yang menyatakan, ada pengaruh yang sigmfikan dari pengaruh £ penerapan metode pembelajaran diskum kelompok dalam memngkatkan hand belajar mowa da v beles VIII pada mata pelajaran Pendidikan Pancania dan Kewarganegaraan di SMP N 33 14 pakcenbang. Kata Kanci : Metode pembelajaran, diskusi kelompok, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:15
Last Modified: 18 Jan 2022 05:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60370

Actions (login required)

View Item View Item