PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Syahputri, Meilinda Eka (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of meilinda Eka Syahputri 2017 (Penguji).pdf]
Preview
Text
meilinda Eka Syahputri 2017 (Penguji).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Atas yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan ADDI evaluasi formatif Tessmer. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Validasi materi dinyatakan valid melalui kartu bimbingan validasi sedangkan validasi media dan validasi bahasa menggunakan walkthrough validasi media termasuk kategori valid dengan rata-rata 3,6 dan validasi bahasa termasuk kategori sangat valid dengan rata-rata 4,7. Untuk menilai kepraktisun menggunakan tahap one-to-one dengan rata-rata 4,4 termasuk kategori sangat praktis dan tahap small group dengan rata-rata 4,7 termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap field test multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash mempunyai efek potensial untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, terbukti dengan tingkat keaktifan belajar siswa sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Atas dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:52
Last Modified: 18 Jan 2022 05:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60424

Actions (login required)

View Item View Item