ANALISIS TERHADAP MOTIF MASYARAKAT DESA SARANG LANG KECAMATAN PEMULUTAN BARAT KABUPATEN OGAN ILIR DALAM PELAKSANAAN TRADISI JOLI

Surya, Nata (2019) ANALISIS TERHADAP MOTIF MASYARAKAT DESA SARANG LANG KECAMATAN PEMULUTAN BARAT KABUPATEN OGAN ILIR DALAM PELAKSANAAN TRADISI JOLI. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of nata surya 2019 penguji (Ada SK).pdf]
Preview
Text
nata surya 2019 penguji (Ada SK).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motif masyarakat desa Sarang Lang kecamatan Pemulutan Barat kabupaten Ogan Ilir dalam pelaksanaan tradisi Jodi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sembilanbelas orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmabiliny. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa motif yang paling mempengaruhi masyarakat desa Sarang Lang dalam pelaksanaan tradisi Joli ialah motif biogenetis, berupa kemauan masyarakat untuk melaksanakan tradisi Joli timbul dari diri sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak lain, motif kedua yang mempengaruhi yaitu motif teogenetis, berupa hasil kegiatan keagamaan yang mempengaruhi motif melaksanakan tradisi Joli serta adanya penegakan aturan-aturan agama yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi Joli. Sedangkan motif yang tidak berpengaruh dalam pelaksanaan tradisi Joll yaitu motif sosiogenetis, berupa hasil interaksi dari lingkungan sekitar dan budaya lain yang tidak mempengaruhi motif melaksanakan tradisi Joli.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:16
Last Modified: 18 Jan 2022 05:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60427

Actions (login required)

View Item View Item