PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET MENGGUNAKAN PREZI PADA PEMBELAJARAN PKn SUB-BAB HUBUNGAN DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Susanti, Tri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET MENGGUNAKAN PREZI PADA PEMBELAJARAN PKn SUB-BAB HUBUNGAN DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Tri Susanti 2017 (penguji).pdf]
Preview
Text
Tri Susanti 2017 (penguji).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis internet menggunakan prezl yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Muaradua OKU Selatan. Prosedur penelitian sesuai dengan model pengembangan Akker dan evaluasi produk menggunakan evaluasi formatif Tessmer. Media prezi yang dikembangkan dinyatakan valid pada tahap expert review yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli desain. Validasi media diperoleh nilai rata-rata 4.0 dengan persentase 80% dalam kategori valid, validasi materi diperoleh nilai rata-rata 46 dengan persentase 92% dalam kategori sangat valid, dan ahli desan yaitu nilai rata-rata 3.6 dengan persentase 73% dalam kategori valid. Kepraktisan media prezi dapat dilihat pada tahap One to one Evaluation diperoleh nilai rata-rata 4.1 dengan persentase 83% termasuk dalam kategori sangat praktis dan pada tahap Small Group diperoleh nilai rata-rata 4:3 dengan persentane 87% termasuk dalam kategori sangat praktis. Pada tahsap field test didapat nilai persentase 86,1% dalam kategori sangat tinggi dengan kriteria interpretasi skor persentase didapatkan nilai rentang motivasi belajar tinggi berada pada 262.5%. Berdasarkan penelitian pengembangan, Media prezi pada mata pelajaran PKn yang dikembangkan oleh pengliti dinyatakan valid. praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:16
Last Modified: 18 Jan 2022 05:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60433

Actions (login required)

View Item View Item