PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS COMIC LIFE PADA MATERI NORMA DAN KEBIASAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Astuti, Yuli (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS COMIC LIFE PADA MATERI NORMA DAN KEBIASAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Yuli Astuti 2017 (penguji).pdf]
Preview
Text
Yuli Astuti 2017 (penguji).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran visual berbasis comic life pada materi norma dan kehiasaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Hannaffin and Peck. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, Validasi materi termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4.5, validasi media termasuk kategori valid dengan recuta 4.1 dan validasi bahasa termasuk kategori valid dengan reruta 4.1. Untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one to one dengan rerata 4.2 termasuk kategori sangat praktis dan tahap small group dengan rerats 4.25 termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba media pembelajaran visual berbasis comic life mempunyai efek potensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan tingkat motivasi belajar sebesar 92.4% termasuk dalam kategori motivasi tinggi, karena berdasarkan kriteria interpretasi skor adalah motivasi tinggi 262.5%) dan motivasi rendah (562.5%). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran visual berbasis comic life pada mata pelajaran PPKn materi norma dan kebiasaan Sekolah Menengah Pertama dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi motivasi belajar siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:17
Last Modified: 18 Jan 2022 05:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60437

Actions (login required)

View Item View Item