FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN TATA CARA ADAT PANTAUAN DALAM PERKAWINAN (STUDI KASUS DIDESA MASAM BULAU KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT)

Wenni, Rianti (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN TATA CARA ADAT PANTAUAN DALAM PERKAWINAN (STUDI KASUS DIDESA MASAM BULAU KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT). PPKn, UNSRI.

[thumbnail of Pembimbing pak alfi _ bu sri (Wenni Rianti).pdf]
Preview
Text
Pembimbing pak alfi _ bu sri (Wenni Rianti).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan tata cara adat pantauan dalam perkawinan, yang menjadi situasi social dalam penelitian mi adalah “faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tata cara adat pantauan dalam perkawman” dengan nncian di Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakn PUMI Kabupaten Lahat sebagai tempat yang diteliti, masyarakat yang berdomisili di desa tersebut sebagai pelaku, dan perubahan tata cara adat pantauan sebagai aktivitas yang ditehti Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak satuo rang vaitu petua Adat Desa Masam Bulau dan tiga mforman pendukung yatu penduduk asli desa Masam Bulau yang telah menikah pada tahun 2014-2015 dengan menggunakan adat pantauan. Uji keabsahan yang dilakukan dalam penelitan mi adalah uji credibility, uji tnansferabiluty, uji dependability, dan wi contirmability. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajan data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil dani analisis data dokumentasi, observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa ada enam faktor yang mempengaruhi adanya perubahan tata cara adat pantauan dalam perkawinan di desa Masam Bulau yaitu waktu, makanan pokok, keikutsertaan masyarakat, adanya migrasi, adanya akulturasi, kemampuan ekonomi masyarakat, dan sistem pendidikan formal yang maju. Kata-kata kunci : Faktor-faktor mempengaruhi perubahan tata cara adat pantauan, desa Masam Bulau

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:18
Last Modified: 18 Jan 2022 05:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60455

Actions (login required)

View Item View Item