Cara Praktis Mengevaluasi Kebutuhan Mitigasi Jaringan Sanitasi Bangunan Akibat Gempa

Livian, Teddy and Gagoek, Hardiman and Nuroji, - (2015) Cara Praktis Mengevaluasi Kebutuhan Mitigasi Jaringan Sanitasi Bangunan Akibat Gempa. In: Seminar Nasional Innovation in Enviromental Management, 20 Mei 2015, Semarang.

[thumbnail of 11-enviroment proseding.pdf]
Preview
Text
11-enviroment proseding.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aturan tentang bangunan tahan gempa sudah banyak diterapkan di bangunanbangunan yang ada di Indonesia. Tetapi ketahanan terhadap gempa dari komponen non struktural seperti jaringan sanitasi didalam bangunan sering terlupakan. Sehingga bisa saja bangunannya bertahan gempa tetapi pipa sanitasinya mengalami kerusakan sehingga bangunan tidak bisa difungsikan atau fungsi bangunan terganggu dan perlu perbaikan sedangkan bangunan tersebut memiliki peran penting paska gempa. Untuk menghindari hal tersebut perlu cara-cara praktis yang bisa digunakan dan cukup meyakinkan secara luas oleh masyarakat alasan evaluasi apakah suatu jaringan sanitasi pada khususnya dan komponen non struktural bangunan pada umumnya perlu dimitigasi atau tidak karena hal ini bisa menjadi kontroversi dengan adanya konsekuensi tambahan biaya pada bangunan yang ditanggung pemilik bangunan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA1-9428 Architecture
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA630-695 Structural engineering (General) > TA647.H356 Structural dynamics-Vibration-Shock (Mechanics)- Airframes--Testing Buildings--Earthquake effects--Data processing--Handbooks, manuals, etc
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: Dr. LIVIAN TEDDY, ST. MT
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:18
Last Modified: 18 Jan 2022 05:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60464

Actions (login required)

View Item View Item