pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VII SMP Negeri 1 lahat

Zeerina Genanda, 06011005031 pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VII SMP Negeri 1 lahat. PPKn, universitas sriwijaya.

[thumbnail of Zeerina Gennada_2015.pdf]
Preview
Text
Zeerina Gennada_2015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VII SMP Negeri 1 lahat". Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 lahat yang berjumlah 246 orang. Teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 74 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan 75 berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik observasi dilaksanakan melalui empat kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dengan bantuan SPSS 21.0. dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian melalui uji t menunjukkan t hitung≥ t tabel yaitu 2.062>2.000 pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran PPKN terhadap motivasi belajar siswa di kelas 7 SMP Negeri 1 lahat. Selanjutnya persentase rata-rata motivasi belajar siswa melalui metode outdoor study menunjukkan kategori baik dengan persentase 81%. Oleh karena itu Penerapan metode outdoor study dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran yang berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:09
Last Modified: 18 Jan 2022 06:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60824

Actions (login required)

View Item View Item