ALIFA, KARENINA RIZKA and Araiku, Jeri (2021) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH NUMERASI MATERI RELASI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081181823015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823015_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (978kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (589kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (362kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823015_0014019103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi materi relasi setelah dilaksanakan problem based learning, keterlaksanaan proses pembelajaran dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Sehingga penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 45 Palembang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.2 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 45 Palembang dalam menyelesaikan masalah numerasi materi relasi melalui problem based learning cukup baik. Dari hasil wawancara juga diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa cukup baik dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan karena siswa cukup memahami permasalahan tersebut. Proses pembelajaran yang dilakukan sebanyak dua pertemuan di kelas VIII.2 dengan model problem based learning terlaksana dengan baik. Setelah proses pembelajaran yang dilakukan dengan model problem based learning, respon siswa terhadap proses pembelajaran tersebut juga baik dengan perolehan skor persentase sebesar 71,76%. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Numerasi, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis, Numerasi, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Karenina Rizka Alifa |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 04:47 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 04:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61010 |
Actions (login required)
View Item |