KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

PRIANDINI, ERCA and Mulyono, Budi (2021) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823017_0025057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823017_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi operasi bilangan pecahan dengan menggunakan model Discovery Learning. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan instrument berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 SMP Negeri 4 Prabumulih, sedangkan yang menjadi fokus penelitian adalah 3 siswa dengan kemampuan yang bervariasi yang dipilih berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: (1) Tahap persiapan; (2) Tahap pelaksanaan; (3) Tahap analisis data. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi operasi bilangan pecahan menggunakan model Discovery Learning telah muncul. Indikator yang paling banyak muncul adalah indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai konsep, dan indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, serta menerapkan konsep atau algoritma untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Operasi Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Ms Erca Priandini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:57
Last Modified: 17 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61315

Actions (login required)

View Item View Item