Akurasi Klasifikasi Citra Digital Scenes RGB Menggunakan Model K-Nearest Neighbor dan Naive Bayes.

Sukemi, Sukemi Akurasi Klasifikasi Citra Digital Scenes RGB Menggunakan Model K-Nearest Neighbor dan Naive Bayes. Annual Research Seminar Computer Science and ICT (ARS), 5 (1). pp. 157-160. ISSN 979-587-573-6

[thumbnail of Proseeding-ARS.pdf]
Preview
Text
Proseeding-ARS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover-Pengelola-Daftar-isi.pdf]
Preview
Text
Cover-Pengelola-Daftar-isi.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Gambar citra digital merupakan larik (array) yang berisi nilai kompleks dengan bit tertentu yang dapat dihitung secara matetmatis. Pada penelitian ini ada dua metode yang digunakan untuk membandingkan hasil akurasi klasifikasi citra digital RGB yaitu dengan metode Naive Bayes dan KNearest Neighbor (KNN). Metode klasifikasi Naive Bayes berdasarkan perhitungan matematika probabilitas yang sederhana dan metode klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN) berdasarkan pada perhitungan kedekatan atau K. Kedua metode tersebut diberikan data set digital citra scenes RGB yang sama untuk proses pengelompokan dan pengklasifikasian selanjutnya data akan dilatih dan diuji untuk mendapatkan hasil akurasi. Berdasarkan klasifikasi data set citra digital RGB menggunakan metode K-Nearest Neighbor memiliki tingkat akurasi lebih besar dari metode Naive Bayes. Metode pemrosesan data citra digital menghasilkan Naive Bayes dengan akurasi yang diperoleh adalah sebesar 66% dan metode KNearest Neighbor yang diperoleh adalah dengan akurasi 76%. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa metode K-Nearest Neighbor bekerja lebih baik dibandingkan dengan Naive Bayes untuk data citra digital RGB.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 56201-Computer Systems (S1)
Depositing User: Dr. Sukemi Sukemi
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:00
Last Modified: 18 Jan 2022 08:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61323

Actions (login required)

View Item View Item