KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN KEKONGRUENAN SEGITIGA MENGGUNAKAN STRATEGI TWO-COLUMN PROOFS

AISYAH, SITI and Scristia, Scristia (2021) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN KEKONGRUENAN SEGITIGA MENGGUNAKAN STRATEGI TWO-COLUMN PROOFS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (898kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823025_0030088805_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823025_0030088805_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX pada materi kekongruenan segitiga setelah mendapat pengajaran pembuktian menggunakan strategi two-column proofs. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 25 siswa. Pada pertemuan pertama dan kedua, siswa diajarkan bagaimana cara melakukan pembuktian kekongruenan segitiga menggunakan strategi two-column proofs. Data diperoleh dari tes tertulis yang terdiri dari 3 butir soal uraian yang telah disesuaikan dengan indikator kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa adalah pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,33. Siswa dikategorikan cukup karena sebagian siswa sudah memenuhi keempat indikator penalaran. Siswa juga sudah memahami bahwa dalam menyusun bukti, terlebih dahulu mengidentifikasi fakta-fakta yang ada, lalu mengembangkan argumen berdasarkan fakta-fakta tersebut dengan menggunakan alasan yang valid. Lalu, pada saat memberikan argumen untuk menunjukkan bukti, siswa mengalami kendala konseptual dan prinsipal sehingga gagal memberikan argumen yang valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Kekongruenan Segitiga, Pembuktian, Strategi two-column proofs
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:50
Last Modified: 14 Jan 2022 07:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61390

Actions (login required)

View Item View Item