Kajian Tingkat Kerusakan dan Penanganan Jembatan Rangka Baja di Sumatera Selatan (Studi Kasus : Jembatan Rangka Baja pada Ruas Jalan Lintas Penghubung Sumatera Selatan) (Similarity)

Fitriani, Heni and Tanzil, Gunawan and Idris, Yakni (2017) Kajian Tingkat Kerusakan dan Penanganan Jembatan Rangka Baja di Sumatera Selatan (Studi Kasus : Jembatan Rangka Baja pada Ruas Jalan Lintas Penghubung Sumatera Selatan) (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Similarity_KAJIAN TINGKAT KERUSAKAN DAN PENANGANAN JEMBATAN RANGKA BAJA DI SUMATRA SELATAN (Studi Kasus_ Jembatan Rangka Baja pada Ruas Jalan Lintas Penghubung Sumatra Selatan).pdf]
Preview
Text
Similarity_KAJIAN TINGKAT KERUSAKAN DAN PENANGANAN JEMBATAN RANGKA BAJA DI SUMATRA SELATAN (Studi Kasus_ Jembatan Rangka Baja pada Ruas Jalan Lintas Penghubung Sumatra Selatan).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan sistem transportasi darat, jembatan berfungsi sebagai prasarana untuk pergerakan arus lalu lintas yang keberadaannya memiliki peranan penting dalam menunjang laju pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya. Kerusakan elemen-elemen pada bangunan atas berpotensi mengakibatkan suatu kegagalan struktur jembatan. Dalam pemeriksaan detail dengan menggunakan metode Sistem Manajemen Jembatan didapatkan berbagai macam jenis dan tingkat kondisi kerusakan elemen-elemen pada jembatan rangka. Studi kasus dilakukan pada jembatan rangka baja di ruas jalan lintas penghubung II Provinsi Sumatera Selatan. Kerusakan yang terus menerus dibiarkan saja tanpa adanya penanganan lebih lanjut akan mengakibatkan penurunan kinerja struktural maupun fungsionalnya dan berdampak buruk terhadap berkurangnya masa layan suatu jembatan, bahkan kerusakan juga akan berdampak langsung pada semakin meningkatnya biaya penanganan sedangkan kemampuan pendanaan oleh Pemerintah lebih kecil dibandingkan dengan anggaran biaya penanganan jembatan yang dibutuhkan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah keputusan penanganan yang telah dilaksanakan sudah tepat serta dapat memperbaiki pengalokasian kebutuhan anggaran biaya penanganan seperti untuk tindakanpreventif di masa mendatang. Pendekatan dengan analisis AHP digunakan untuk mengusulkan berbagai alternatif lain dengan melakukan pengalokasian anggaran yang efisien dari berbagai pola penanganan pada elemen-elemen bangunan atas jembatan rangka baja.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T51 Tables Cf. TA151 Engineering (General) Cf. TA635 Structural engineering (General) Cf. TH151 Building (General) Cf. TH434+ Estimates, quantities and cost (Building)
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Ir. Yakni Idris, MSc
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:30
Last Modified: 18 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61445

Actions (login required)

View Item View Item