KEEFEKTIFAN STRATEGI KEMAMPUANMENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS XSMA NEGERI 14 PALEMBANG

NURRAHMA, MEIRIA and Subadiyono, Subadiyono and Oktarina, Santi (2011) KEEFEKTIFAN STRATEGI KEMAMPUANMENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS XSMA NEGERI 14 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_0601002015.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (98MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_02.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_03.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_04.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_05.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_0601002015_0025075602_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan apakah ada pengaruh strategi think talk daripada model konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 14 Palembang. Tujuannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan strategi think talk write pada keterampilan menulis karangan argumentasi siswa. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan menulis karangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 79 orang siswa dengan rincian 39 orang siswa kelas X 2 (kelas kontrol) mendapat pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dengan model konvensional, dan 40 orang siswa lainnya mendapat pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan strategi think talk write. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa antara siswa yang diajar menggunakan strategi think talk write dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan argumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa yang diajar dengan model konvensional. Nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi think talk write lebih besar daripada nilai rata-rata siswa yang menggunakan model konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol dari pengujian uji-t yang menunjukkan bahwa thitung> t tabel atau > dengan db = 77 pada tingkat signifikansi 95% (a = 0,05). Hal ini membuktikan adanya pengaruh strategi think talk write yang diterapkan daripada model konvensional dalam kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 14 Palembang. Kata-kata kunci : strategi think talk write, kemampuan menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi think talk write, kemampuan menulis karangan argumentasi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:14
Last Modified: 28 Jan 2022 01:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61903

Actions (login required)

View Item View Item