RELEVANSI BUKU TEKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS VII DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

PARMA, MARINA DISTARIA KHARISMA and Indrawati, Sri and Izzah, Izzah (2008) RELEVANSI BUKU TEKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS VII DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_02.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (286MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_03.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_04.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (101MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_05.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (950kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06023112035_0012075914_0010126803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (164MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks atau yang disebut juga buku pelajaran merupakan buku yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Buku teks yang disusun dan ditulis oleh para pakar pada umumnya harus memenuhi standar mutu nasional agar efektif dalam menunjang kompetensi yang ingin dicapai. Salah satu syarat agar buku teks dinilai sebagai buku teks yang layak dan bermutu adalah buku teks haruslah relevan dan menunjang pelaksanaan kurikulum yang berlaku pada saat itu. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, kurikulum turut mengalami perubahan sehingga secara tidak langsung turut pula mempengaruhi bergantinya buku teks atau buku pelajaran, seperti munculnya KTSP yang telah dikukuhkan akhir Februari 2006 lalu. Tidak menutup kemungkinan para penerbit buku teks tersebut telah mengedarkan buku-buku baru yang berlabel “sesuai KTSP”. Padahal, KTSP sebenarnya tidak menekankan penggunaan buku teks baru karena guru dapat bebas menentukan sendiri materi, kegiatan pembelajaran dan indicator pencapaian yang harus dicapai murid dengan berpijak pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang hendak dicapai siswa, hal yang masih menjadi pertanyaan adalah apakah semua buku teks yang beredar telah memenuhi standar kelayakan atau belum memenuhi standar kelayakan dari Pusat Perbukuan (Pusbuk). Untuk itu, diperlukan suatu penelitian mengenai kualitas buku teks. Salah satu cara yang digunakan peneliti untuk mengetahui kualitas suatu buku teks adalah mengkaji buku teks berdasarkan relevansinya dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa buku teks yang digunakan di SMPN di Kota Palembang sudah memenuhi kriteria sebagai buku teks yang berkualitas dari segi relevansinya dengan kurikulum. Jadi, diharapkan pihak sekolah lebih bijaksana dalam memilih dan menentukan buku teks yang akan digunakan siswa, para guru harus lebih kreatif dan inovatif mengolah bahan ajar/materi dalam buku, para penulis buku teks hendaknya lebih memperhatikan kandungan kurikulum secara utuh, apa tujuan kurikulum itu dalam pembelajaran, sehingga isi buku teks benar-benar dapat memenuhi tujuan terhadap pencapaian kompetensi siswa, para penerbit buku teks dapat lebih mengutamakan kualitas buku teks yang akan diterbitkan dengan memperhatikan strandar kelayakan penulisan buku teks, daripada mengutamakan keuntungan semata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relevansi Buku Teks dengan KTSP
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121-149 Science of language (Linguistics)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:06
Last Modified: 25 Jan 2022 03:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/62474

Actions (login required)

View Item View Item