KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALEMBANG

LESTARI, SRI and Subadiyono, Subadiyono and Punomo, Mulyadi Eko (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112012.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112012_0025075602_0007015902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (53MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan apakah efektif atau tidak penerapan model pemetaan pikiran daripada model konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Tujuannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan model pemetaan pikiran dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif model pembelajaran menulis khususnya menulis karangan deskripsi serta dapat memotivasi dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 75 orang siswa dengan rincian 38 orang siswa kelas VIII.4 (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran keterampilan menulis dengan model pemetaan pikiran dan 37 orang siswa kelas VIII.6 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran menulis dengan model konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan deskripsi, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Skor rata-rata siswa yang menggunakan model pemetaan pikiran lebih besar daripada skor rata-rata siswa yang menggunakan model konvensional. Skor rata-rata kelas ekperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji t menunjukkan thit > Wi atau 5,99 > 1,99 (db = 73) pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan model pemetaan pikiran lebih efektif diterapkan daripada model konvensional dalam keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pemetaan pikiran, keterampilan menulis deskripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z40-104.5 Writing
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:07
Last Modified: 25 Jan 2022 03:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/62504

Actions (login required)

View Item View Item