KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG

ERISCASARI, DEWI and Alwi, Zahra and Ernalida, Ernalida (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112033.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (122MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112033_0006125201_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model PBL dalam pembelajaran berbicara bagi siswa kelas VJJI SMP Muhammadiyah 7 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental-research) dengan desain Control group pre-test-post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes lisan, teknik angket, dan observasi. Populasi penelitian beijumlah 56 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapatlah rincian 22 siswa kelas 8.1 (kelompok kontrol) yang menggunakan model konvensional dan 22 siswa kelas 8.2 (kelompok eksperimen) yang menggunakan model PBL Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan berbicara siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Pengujian hipotesis hanya dilakukan pada data tes lisan yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas datanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan uji t (t test) berdasarkan gain score, diketahui t hit = 3,25 lebih besar dari t tab 2,68 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian Ha yang menyatakan ada perbedaan kemampuan berbicara antara siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan siswa yang menggunakan model konvensional terbukti benar. Skor keefektifan kelas eksperimen yang menggunakan model PBL lebih tinggi dibanding skor keefektifan kelompok kontrol yang menggunakan model konvensional yaitu, kelompok eksperimen memiliki skor lebih besar 26 dari kelompok kontrol. Begitu juga dengan skor keefektifan rata-rata, kelompok eksperimen memiliki skor lebih besar 16,37 dibanding kelompok kontrol, dengan demikian diketahui bahwa perlakuan model PBL lebih efektif dari pada model konvensional. Berdasarkan hasil observasi yang tiap indikator telah dihitung nilai rata-ratanya dan telah dikonsultasikan ke tabel kriteria nilai, diketahui bahwa model PBL mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dari segi gerak, menulis, lisan, visual, dan emosional. Selain itu berdasarkan hasil angket yang juga telah dihitung nilai rata-ratanya dan telah dikonsultasikan ke tabel kriteria nilai, diketahui bahwa model PBL sangat efektif membantu siswa untuk lebih mudah mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi dengan baik dan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, model PBL, pembelajaran berbicara, siswa kelas VIII
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031-1034.5 Competency based education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:04
Last Modified: 28 Jan 2022 08:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/62986

Actions (login required)

View Item View Item