AMBARWATI, BELINDA and Aisyah, Nyimas (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KUANTITATIF SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA TOPIK ALJABAR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081381823061.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823061_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (748kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (218kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (118kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (144kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823061_0010116402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran aljabar dalam standar kurikulum 2013 adalah literasi kuantitatif. Literasi kuantitatif pada PISA serupa dengan literasi matematika yang mana terdapat korelasi dengan kemampuan berpikir kuantitatif. Kemampuan berpikir kuantitatif penting untuk dimiliki karena dengan kemampuan berpikir kuantitatif siswa teliti dan tepat dalam pemecahan masalah untuk berpikir struktur. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kuantitatif siswa SMA melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada topik aljabar materi SPLTV. Subjek penelitian yaitu 6 siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang kelas X MIPA Olimpiade dengan kemampuan akademik rendah, sedang dan tinggi yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis seacara reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Setelah dilaksanakannya penelitian, didapatkan bahwa kemampuan berpikir kuantitatif sebagian besar pada materi SPLTV muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan berpikir kuantitatif yang kemunculannya dominan yaitu indikator mempertahankan, penganalisisan, pengintegrasian dan ketepatan. Namun untuk indikator ketepatan beberapa siswa menuliskan hanya untuk satu permasalahan. Sedangkan indikator yang kemunculannya kurang dominan, yaitu indikator mengukur ruang dan hubungan spasial dan penggeneralisasian dikarenakan siswa kurang penguasaan konsep dan salah menafsirkan maksud dari soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kuantitatif, Rigorous Mathematical Thinking, Sistem persamaan linear tiga variable (SPLTV). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Belinda Ambarwati |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:15 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/63113 |
Actions (login required)
View Item |