MENDESAIN SENDIRI SOAL KONTEKSTUAL MATEMATIKA

Zulkardi, Zulkardi and Puri, Ratu Ilma Indra (2006) MENDESAIN SENDIRI SOAL KONTEKSTUAL MATEMATIKA. In: Prosiding KNM13. Konferensi Nasional Matematika ke-13, Semarang, Indonesia.

[thumbnail of mendesain_sendiri_soal_kontekstual.pdf]
Preview
Text
mendesain_sendiri_soal_kontekstual.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Terkait dengan Undang-undang Guru dan Dosen, salah satu kemampuan yang diharapkan dari guru matematika yang profesional adalah kemampuan pedagogik yang diantaranya mendesain sendiri materi dan soal-soal kontekstual yang dapat digunakan baik sebagai alat peningkatan kualitas proses belajar mengajar maupun sebagai alat penilaian. Pada paper ini dijelaskan apa dan mengapa soal kontekstual matematika termasuk peran konteks dalam matematika sekolah. Kemudian dibahas langkah-langkah bagaimana mendesain soal kontekstual mulai dari pemilihan konteks yang sesuai konsep sampai kepada teori yang yang digunakan sebagai pedoman yang dalam hal ini adalah Realistic Mathematics Education(RME) atau Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Terakhir, diberikan contoh-contoh soal kontekstual yang telah didesain serta didiskusikan hasil uji cobanya pada siswa dan mahasiswa dalam beberapa kesempatan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Desain soal, soal kontekstual, PMRI, kemampuan pedagogik
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics > QA37.3.1.64 Applied Mathematics
Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:51
Last Modified: 09 Sep 2019 07:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item