UPAYA TANGGUNG JAWAB PERDATA BANK TERHADAP NASABAH KORBAN BOCORNYA PIN ATM (STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI KANTOR CABANG PALEMBANG ARIEF)

AZZAHRA, ALIFA ESYANI and Emirzon, Joni and Mardiana, Mardiana (2022) UPAYA TANGGUNG JAWAB PERDATA BANK TERHADAP NASABAH KORBAN BOCORNYA PIN ATM (STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI KANTOR CABANG PALEMBANG ARIEF). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_74201_02011381823333.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02011381823333_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_74201_02011381823333_0017066603_0011088209_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
RAMA_74201_02011381823333_0017066603_0011088209_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02011381823333_0017066603_0011088209_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02011381823333_0017066603_0011088209_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02011381823333_0017066603_0011088209_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02011381823333_0017066603_0011088209_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi Bank yang semakin mendunia, menyebabkan Bank mengeluarkan banyak produk demi mengikuti perkembangan yang terjadi, salah satunya adalah mesin ATM (Automated Teller Machine). Seiring berkembangnya ATM (Automated Teller Machine), semakin banyak pula kejahatan yang timbul dalam praktiknya seperti kejahatan Skimming. Rumusan masalah dari penelitian ini, adalah: 1. Bagaimanakah upaya tanggang jawab perdata Bank terhadap nasabah korban bocornya PIN ATM, 2. Bagaimanakah prosedur pengembalian dana nasabah yang menjadi korban bocornya PIN ATM. Metode penelitian ini ialah yuridis-empiris yang artinya data diperoleh dari observasi lapangan dan wawancara langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penyelesaian masalah akibat skimming ATM ini, pertanggungjawaban Bank secara umum dilakukan secara langsung antara nasabah dengan Bank, 2. Prosedur pengembalian dana nasabah yang menjadi korban skimming adalah nasabah segera melapor kantor cabang Bank Mandiri terdekat dan mengisi formulir pengaduan, kemudian Pihak Bank Mandiri cabang melakukan penggantian kartu nasabah pelapor dan melakukan investigasi bersama Bank Mandiri pusat, terakhir setelah selesai dicocokkan dan selesai di investigasi, maka uang nasabah dikembalikan sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank, ATM, Skimming ATM
Subjects: K Law > K Law (General) > K1066-1089 Banking
K Law > K Law (General) > K1100-1109 Secured transactions
K Law > K Law (General) > K4430-4675 Public finance
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Alifa Esyani Azzahra
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:41
Last Modified: 28 Jan 2022 07:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/63592

Actions (login required)

View Item View Item