NASOHA, SERUNI RAHMATUL and Araiku, Jeri (2022) KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MELALUI IMPLEMENTASI BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081181823019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823019_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (742kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (369kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (264kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823019_0014019103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan numerasi siswa setelah melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning, aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap proses pembelajaran melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMPN 45 Palembang. Dimana subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII.4 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa dikatakan baik dengan indikator yang sering muncul adalah indikator menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (Grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya) kemudian indikator yang jarang muncul adalah indikator menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Juga ditemukan aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning adalah sangat baik. Serta respon siswa pada aspek ketertarikan 68%, aspek motivasi dan kepuasan diperoleh skor yang sama yakni 76% kemudian aspek sintaks PBL memperoleh skor 70% . Sehingga 4 aspek yang dilihat pada respon ini semuanya mendapat respon yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Numerasi, Bahan Ajar, Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Seruni Rahmatul Nasoha |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 02:12 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 02:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64079 |
Actions (login required)
View Item |