PERAN PEMBIMBING DALAM PELATIHAN KETERAMPILAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL REHABILITASI ANAK MEMBUTUHKAN PERLINDUNGAN KHUSUS INDRALAYA

PUTRI, SUCI LARASATI SALISA and Andriani, Dian Sri Andriani (2022) PERAN PEMBIMBING DALAM PELATIHAN KETERAMPILAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL REHABILITASI ANAK MEMBUTUHKAN PERLINDUNGAN KHUSUS INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86205_06151281772018.pdf] Text
RAMA_86205_06151281772018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_02.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_03.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_04.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (971kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_05.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_06_ref.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86205_06151281722018_0025019203_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86205_06151281722018_0025019203_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran pembimbing dalam pelatihan keterampilan remaja putus sekolah di Panti Sosial Rehabilitasi Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus Indralaya. Subjek dalam penelitian ini meliputi lima orang yang terdiri dari unsur pengelola, pembimbing, dan peserta didik angkatan I tahun 2021. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun peran pembimbing dilihat dari enam indikator, yaitu motivator, director, inisiator, mediator, fasilitator, dan evaluator. Sebagai motivator, pembimbing sudah memotivasi peserta didik dalam bentuk verbal dan non-verbal, meskipun pada pemberitahuan nilai tugas dan pemberian hadiah tertentu tidak dilakukan. Selain itu, pembimbing menyediakan ruang eksplorasi yang luas bagi peserta didik dengan mencetuskan ide pembelajaran. Pembelajaran tersebut juga didukung dengan pemenuhan fasilitas yang memadai, serta adanya peran pembimbing yang menjadi perantara dalam pemakaian media pembelajaran. Pemantauan jalannya kegiatan juga dilakukan, meskipun terdapat ketidaksinambungan antara kegiatan dan jadwal yang ditetapkan. Pembimbing juga melewatkan beberapa proses evaluasi serta kurangnya bukti tertulis yang dapat digunakan sebagai pedoman penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peran pembimbing sebagai motivator dan director telah dilaksanakan, tetapi beberapa upaya dalam penilaian dan jadwal kegiatan belum optimal. Lalu, pada peran pembimbing sebagai evaluator, terdapat upaya dalam evaluasi yang tidak dilakukan secara maksimal. Sedangkan sebagai inisiator, mediator dan fasilitator, telah dijalankan pembimbing sesuai dengan tugas yang seharusnya. Kata kunci: Peran, Pelatihan, Pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pelatihan, Pembimbing
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1)
Depositing User: Suci Larasati Salisa Putri
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:02
Last Modified: 11 Feb 2022 06:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64442

Actions (login required)

View Item View Item