PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG BERBASIS NILAI-NILAI UNTUK MEMBANTU GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MEMBELAJARKAN PPKn (Peer Review)

Chotimah, Umi (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG BERBASIS NILAI-NILAI UNTUK MEMBANTU GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MEMBELAJARKAN PPKn (Peer Review). Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University Palembang, South Sumatera, Indonesia, 2014. (Unpublished)

[thumbnail of Reviewer_Pengembangan Bahan Ajar Yang Berbasis Nilai-nilai Untuk Membantu Guru PPKn Dalam Membelajarkan PPKn.pdf]
Preview
Text
Reviewer_Pengembangan Bahan Ajar Yang Berbasis Nilai-nilai Untuk Membantu Guru PPKn Dalam Membelajarkan PPKn.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar/Lembar Kerja Siswa(LKS) yang berbasis nilai-nilai untuk membantu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membelajarkan PPKn. Metode penelitian yang digunaka adalah Development Research (Design Research). Ada dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, prototyping expert (ahli) reviews dan one-to-one, dan small group), serta field test. Prototipe divalidasi oleh dua orang expert (ahli) di bidang PPKn. Pelaksanaan field test dilakukan oleh salah seorang guru PPKn di salah satu SMP Negeri di Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Simpulannya bahwa penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang valid dan praktis untuk membantu guru PPKn dalam membelajarkan PPKn dengan KD Menumbuhkan Kesadaran dan Keterikatan Terhadap Norma yang berbasis nilai-nilai yang dikembangkan dan dihasilkan telah memenuhi kriteria validitas dan praktis. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa, ini terbukti dari adanya peningkatan hasil tes formatif 1 dan formatif 2 menunjukkan bahwa bahwa 70 % siswa mengalami peningkatan sangat tinggi, 26,66 % siswa yang nilainya tetap (tidak meningkat), dan terdapat 3,33% siswa yang justru nilainya menurun. Selanjutnya jika ditinjau dari aspek sikap siswa sejumlah 86,66 % siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan bahan ajar berupa LKS berbasis nilai-nilai

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:55
Last Modified: 08 Feb 2022 02:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64588

Actions (login required)

View Item View Item