UPAYA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL OKU TIMUR UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT BELITANG DALAM PEMBUATAN AKTA KEMATIAN (Penguji)

IKSAN, KHUKUH MAFTUH and Chotimah, Umi (2021) UPAYA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL OKU TIMUR UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT BELITANG DALAM PEMBUATAN AKTA KEMATIAN (Penguji). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, UNSRI.

[thumbnail of Khukuh Maftuh Iksan-2021.pdf]
Preview
Text
Khukuh Maftuh Iksan-2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kesadaran masyarakat Belitang terhadap pembuatan akta kematian oleh Disdukcapil OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi yang dilakukan pada Kantor Disdukcapil OKU Timur. Hasil kesimpulan penelitian ini Tindakan preventif yang dilakukan melalui sosialisasi dan pemberitaan dalam media masa, kemudian terkait represif dalam pembaruan administrasi diwajibkan membuat akta kematian. Pada pendidikan formal pihak Disdukcapil OKU Timur, melakukan kesadaran adminitrasi di lingkungan sekolah dengan cara seperti pembuatan KIA maupun KTP, dalam pendidikan formal melalui penyuluhan�penyuluhan terhadap pihak Desa, sosialisasi di lapangan maupun undangan sosialisasi di kantor Disdukcapil OKU Timur, serta berperan aktif di berbagai media massa. Pada media cetak menggunakan spanduk dan koran terkait sosialisasi serta kampanye gerakan sadar administrasi. Kemudian pada media elektronik menggunakan website, whatsapp boot dan grup. Kata-kata kunci: Kesadaran Masyarakat, Akta Kematian, Disdukcapil OKU Timur, Kecamatan Belitang

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 15 Feb 2022 12:56
Last Modified: 15 Feb 2022 12:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64772

Actions (login required)

View Item View Item