KOMPARASI AKURASI TIGA MODEL DETEKSI FINANCIAL STATEMENT FRAUD : MODEL BENEISH M-SCORE, F-SCORE DAN ALTMAN Z-SCORE

Patmawati, Patmawati and Rahmawati, Meita and Hidayat, Muhammad (2021) KOMPARASI AKURASI TIGA MODEL DETEKSI FINANCIAL STATEMENT FRAUD : MODEL BENEISH M-SCORE, F-SCORE DAN ALTMAN Z-SCORE. Project Report. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Akhir Penelitian] Text (Laporan Akhir Penelitian)
Patmawati_Komparasi Akurasi Tiga Model Deteksi Financial Statement Fraud Model Beneish M-Score, F-Score dan Altman Z-Score_Akuntansi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai akurasi tiga model financial statement fraud yang bisa dideteksi dengan menggunakan model Beneish M-Score, F-Score dan altman Z-Score. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk menguji kembali hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian Islam (2019) mengenai kecurangan laporan keuangan dengan menggunakan Beneish Ratio Index dan Altman Z-Score. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah pada penelitian ini menambahkan variabel model F-Score yang merupakan model deteksi kecurangan laporan keuangan yang dikembangkan dengan menggunakan teknik scaled logistic probability (Dechow et al., 2011). Model F-Score merupakan pengembangan model Beneish M-Score yang didesain secara khusus agar pengguna mampu mendapatkan nilai (score) secara langsung tanpa menggunakan indeks dalam perhitungannya. Penelitian ini dilakukan untuk menilai model mana yang paling akurat untuk mendeteksi terjadinya kecurangan dalam menyajikan laporan keuangan yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan. Hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil perhitungan index dengan menggunakan tiga model yaitu model Beneish M-Score, F-Score dan Altman Z-Score maka didapatkan bahwa terdapat perbankan yang terindikasi melakukan tindakan financial statement fraud dengan menggunakan model Beneish M-Score pada tahun 2018 dengan sebanyak 37 Perbankan, sedangkan pada tahun 2019 sebanyak 38 perbankan dan pada tahun 2020 sebanyak 39 perbankan yang terindikasi melakukan Tindakan financial statement fraud. Dengan menggunakan model F-Score pada tahun 2018 sebanyak 2 perbankan, sedangkan pada tahun 2019 sebanyak 3 perbankan dan pada tahun 2020 sebanyak 2 perbankan. Sementara dengan menggunakan model Altman Z-Score pada tahun 2018 sebanyak 39 perbankan, pada tahun 2019 sebanyak 39 perbankan dan pada tahun 2020 sebanyak 38 perbankan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Laporan Akhir Penelitian
Uncontrolled Keywords: financial statement fraud, beneish M-Score, F-Score dan Altman Z-Score
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 01-Faculty of Economics > 62201-Accounting (S1)
Depositing User: patmawati patmawati
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:26
Last Modified: 14 Feb 2022 08:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64918

Actions (login required)

View Item View Item