EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA (Pembimbing)

SYAFITRI, MARISYA and Chotimah, Umi (2019) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA (Pembimbing). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, UNSRI. (Unpublished)

[thumbnail of Marisya Syafitri_2019_Pembimbing.pdf]
Preview
Text
Marisya Syafitri_2019_Pembimbing.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalis peserta didik di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 114 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yang artinya bahwa semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel yaitu 114 peserta didik. Kemudian Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, kuesioner, dan teknik observasi. Setelah melakukan pengumpulan data, untuk mengetahui efektivitas implementasi program penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalis peserta didik di SMA Negeri 1 Indralaya Utara maka digunakanlah teknik analisis data yaitu statistik deskripstif. Dari keempat tolak ukur yang digunakan didapatkanlah data yang menyatakan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Indralaya Utara telah terlaksana dengan efektif dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalis peserta didik di SMA Negeri 1 Indralaya Utara dapat dikatakan efektif yaitu dengan tingkat keberhasilan rata-rata lebih besar dari pada kriteria minimum efektivitas,kata-kata kunci : efektivitas, PPK, religius, nasionalis

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:23
Last Modified: 21 Feb 2022 04:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65128

Actions (login required)

View Item View Item