PENGARUH PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENURUT TEORi SEGAL DAN KONVENSIONAL TERHADAP EQ SISWA KELAS XI SMA NEGERI I PALEMBANG

HASTUTI, WIDIA and Arifin, Siti Salamah and Ratnawati, Latifah (2008) PENGARUH PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENURUT TEORi SEGAL DAN KONVENSIONAL TERHADAP EQ SISWA KELAS XI SMA NEGERI I PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06033112027.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (98MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_02.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_03.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_04.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_05.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (940kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112027_0007025502_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06033112027_0007025502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan puisi yang dipengaruhi perkembangan psikologi seseorang membentuk "Ego Integritas" atau yang disebut diri sebenarnya atau diri sejati, diri yang sebenarnya mampu bertahan menghadapi kegagalan hidup atau hidup dengan keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari adanya peningkatan EQ siswa setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran menulis puisi menurut teori Segal dan konvensional terhadap EQ pada siswa kelas XI SMA Negeri I Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu atau eksperimen tidak sebenarnya dan dapat juga disebut eksperimen belum baik dimana peneliti tidak dapat menentukan sampel yang homogen, dan pengajaran yang tidak hanya penulis lakukan. Sampel penelitian ini berjumlah 78 siswa dengan rincian 39 siswa kelas eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran menulis puisi menurut teori Segal dengan 7 kali pertemuan selama 1 x 45 menit setiap pertemuan dan 39 siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan menulis puisi menggunakan metode konvensional selama 2 x 45 menit oleh guru SMA Negeri I itu sendiri saat mereka di kelas X. Pengukuran EQ dapat dilihat dari angket. Jumlah seluruh soal adalah 152 dengan rincian 10 induk soal angket langsung dan 6 induk soal angket tak langsung, setiap induk soal terdapat 4 sampai 5 pernyataan yang menyatakan EQ baik dan 4 sampai 5 pernyataan yang menyatakan EQ buruk. Setelah itu setiap induk soal diolah dengan pengurangan nilai dari pernyataan nilai EQ yang baik terhadap EQ yang buruk (dalam teknik pengumpulan data) setelah itu dapat nilai -20—+20, lalu direntangkan lagi dari 0—40 lalu dikali 2,5 dan didapat nilai 0—100, setelah nilai didapat, jumlahkan keenambelas Induk soal dan itulah nilai yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis menggunakan angket sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik uji t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai kelas kontrol dan rata-rata nilai kelas eksperimen. Dengan kenaikan rata-rata kelas kontrol sebesar 1, 641 dan kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 3,564. Selisih pretes kelas kontrol dan pretes kelas eksperimen adalah 3,795 sedangkan selisih postes kelas kontrol dan eksperimen adalah 5,718. Berdasarkan uji t berpasangan pembelajaran menulis puisi menurut teori Segal dan konvensional terhadap EQ signifikan (p<0,05). Walaupun peningkatan pembelajaran menulis puisi menurut teori Segal lebih baik peningkatanya dibandingkan konvensional. Hal ini membuktikan perlakuan menulis puisi dapat meningkatkan EQ siswa kelas XI SMA Negeri I Palembang. Kata Kunci: Menulis puisi dan EQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menulis puisi dan EQ
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:50
Last Modified: 24 Feb 2022 01:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65438

Actions (login required)

View Item View Item