KEEFEKTIFAN METODE INTERAKTIF DAN KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMPNEGERI 7 PALEMBANG

WULANDARI, DESI and Nurhayati, Nurhayati and Ansori, Ansori (2011) KEEFEKTIFAN METODE INTERAKTIF DAN KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMPNEGERI 7 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06071002024.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_02.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_03.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_04.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_05.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06071002024_0002026203_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan apakah efektif atau tidak penerapan metode interaktif dan kolaboratif dalam pembelajaran bercerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palembang. Tujuannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan metode interaktif dan kolaboratif dalam pembelajaran bercerita siswa VII SMP Negeri 7 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran bercerita dan dapat meningkatkan kemampuan bercerita yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini beijumlah 66 orang siswa dengan rincian 33 orang siswa kelas VII.5 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional dan 33 orang siswa kelas VII.6 (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran dengan metode interaktif dan kolaboratif. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perberbedaan kemampuan bercerita antara siswa yang menggunakan metode interaktif dan kolaboratif dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Teknik yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes bercerita, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan kemampuan bercerita yang diajakan menggunakan metode interaktif dan kolaboratif dan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan metode interaktif dan kolaboratiflebih besar dari pada skor rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji-t menunjukan t-hitung > t-tabel atau 5,644 > 1,998 pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini membuktikan metode interaktif dan kolaboratif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran bercerita siswa kelas VII SMP N 7 Palembang dari pada metode konvensional. Kata kunci: metode interaktif dan kolaboratif, pembelajaran bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode interaktif dan kolaboratif, pembelajaran bercerita.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:21
Last Modified: 02 Mar 2022 01:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65581

Actions (login required)

View Item View Item