KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MEMAHAMI TEKS BERITA BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG

OKIYARSIH, HENI and Alwi, Zahra and Ernalida, Ernalida (2011) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MEMAHAMI TEKS BERITA BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_56071002003.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (76MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_02.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_03.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_04.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_05.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (796kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_56071002003_0006125201_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Student Team Achievemenf Division (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran memahami teks berita bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang?” Tujuannya untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran memahami teks berita bagi siswa SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan pada pembelajaran memahami teks berita dengan model pembelajaran STAD. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa dengan rincian 40 orang siswa kelas VIII.3 (kelas eksperimen) mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dan 40 siswa kelas VIII.4 (kelas kontrol) mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan program komputer Statistical Product and Service Solution (SPSS 19) uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dari skor rata-rata pretes yang sebesar 73.97 dan postes 86.80. skor rata-rata pretes kelas kontrol adalah 72.63 dan postes 79.80. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional bila diterapkan dalam memahami teks berita bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Berdasarkan hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini, penulis memberikan saran bahwa model pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam berbagai macam pembelajaran. Tidak hanya pembelajaran pemahaman saja tetapi dapat juga pembelajaran menyimak, menulis berbicara maupun mata pelajaran lain. Kata Kunci: model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:49
Last Modified: 08 Mar 2022 02:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65891

Actions (login required)

View Item View Item