Pergeseran Tata Cara Pelaksanaan Adat Pernikahan di Palembang 1990-2010 (Similarity)

Syarifuddin, Syarifuddin and Asmi, Adhitya Rol Pergeseran Tata Cara Pelaksanaan Adat Pernikahan di Palembang 1990-2010 (Similarity). MOZAIK HUMANIORA, Universitas Airlangga.

[thumbnail of 9_Pergeseran_Tata_Cara_Pelaksanaan_Adat_Pernikahan_di_Palembang.pdf]
Preview
Text
9_Pergeseran_Tata_Cara_Pelaksanaan_Adat_Pernikahan_di_Palembang.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kajian ini mendeskripsikan dan menganalisis pergeseran adat pernikahan yang terjadi di Kota Palembang tahun 1990-2010. Penulisan artikel ditinjau dari permasalahan yang berkembang pada saat ini di Kota Palembang bahwa berbagai tradisi mulai ditinggalkan oleh masyarakat Palembang seiring perkembangan zaman, termasuk tradisi pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pergeseran tata cara pelaksanaan adat pernikahan yang terjadi di Kota Palembang dan berbagai makna tradisi yang terkandung di dalamnya sebagai kearifan lokal masyarakat Palembang yang terancam hilang. Penelitian ini menggunakan metodologi sejarah dan dibantu pendekatan ilmu antropologi dan sosiologi. Data diperoleh baik melalui studi pustaka dan wawancara langsung yang dilakukan kepada budayawan dan narasumber yang pernah melakukan adat pernikahan Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pergeseran tata cara pelaksanaan pernikahan di Palembang. Hal itu diakibatkan perkembangan zaman yang lebih membutuhkan kepraktisan. Selain itu, terdapat faktor lain yakni faktor ekonomi dan tenaga untuk melaksanakan tradisi. Akibatnya, terdapat makna yang terkandung dalam tradisi yang juga terancam hilang. Kata kunci: adat, Palembang, pergeseran, pernikahan, tradisi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 26 Mar 2022 01:26
Last Modified: 26 Mar 2022 01:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/66391

Actions (login required)

View Item View Item