Developing an Interactive Digital Handout for Momentum and Impulse Material Physics in High Schools (Similarity)

Pahlawan, Ridho and Ismet, Ismet and Syarifuddin, Syarifuddin Developing an Interactive Digital Handout for Momentum and Impulse Material Physics in High Schools (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya, Journal of Education Technology.

[thumbnail of 11. Developing an Interactive Digital Handout for Momentum and Impulse Material Physics in High Schools.pdf]
Preview
Text
11. Developing an Interactive Digital Handout for Momentum and Impulse Material Physics in High Schools.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengertian pelajaran fisika umumnya disebabkan oleh kurangnya bahan ajar inovatif yang memfasilitasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi digital interaktif tentang momentum dan fisika impuls di sekolah menengah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Allesi dan Trollip. Prosedur penelitian dan pengembangan ini melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa rata-rata hasil belajar sebelum diberikan tampilan handout digital interaktif momentum dan impuls materi fisika sebesar 48,93. Kemudian pendidik diajar menggunakan handout fisika digital interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline untuk meningkatkan skor rata-rata hasil belajar kognitif siswa menjadi 81,27. Peningkatan nilai rata-rata siswa diukur dengan menggunakan skor N-gain, dan hasilnya 0,70 termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa perangkat e-learning telah teruji efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa perangkat e-learning yang dikembangkan dapat digunakan untuk membantu siswa dalam belajar. Kata Kunci: Handout Digital Interaktif, Hasil Pembelajaran

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 03 Apr 2022 04:15
Last Modified: 03 Apr 2022 04:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/67093

Actions (login required)

View Item View Item