Pengembangan Model Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada Mata Kuliah Sejarah ASEAN

Asmi, Adhitya Rol and Dhita, Aulia Novemy and Hasan, Yunani and Syarifuddin, Syarifuddin (2019) Pengembangan Model Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada Mata Kuliah Sejarah ASEAN. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 5 (1). pp. 30-40. ISSN 2477-2771

[thumbnail of 3. Artikel Candrasangkala Mei 2019.pdf]
Preview
Text
3. Artikel Candrasangkala Mei 2019.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Model Mobile Learning berbasis Aplikasi Android Pada Mata Kuliah Sejarah Negara-Negara Asean” pada Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Dick and Cerey. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran Mobile Learning berbasis aplikasi Android pada perkuliahan sejarah Asia Tenggara yang valid dan memiliki dampak efektivitas. Data observasi dan angket menunjukan penggunaan aplikasi Mobile Learning SEA-Hole (South East Asian Historic Mobile Learning) memiliki dampak yang baik dalam mendukung proses perkuliahan Sejarah Asia Tenggara, seperti mempermudah memahami materi perkuliahan Sejarah Asia Tenggara karena didukung oleh gambar dan video. Adapun beberapa masukan dari Experts dan kelompok small group digunakan untuk menghasilkan prototype aplikasi yang valid. Secara keseluruhan aplikasi Mobile Learning SEA-Hole memiliki efektifitas yang baik untuk digunakan sebagai penunjang perkuliahan secara mobile. Kata Kunci: Model Pembelajaran; Aplikasi Android; Efektivitas.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)-PATENT
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 03 Apr 2022 04:16
Last Modified: 03 Apr 2022 04:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/67152

Actions (login required)

View Item View Item