Pembimbing : PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PETANI KOPI DI KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN EMPAT LAWANG PADA TAHUN 2008-2018 (SUMBANGAN MATERI MATA KULIAH SEJARAH PEREKONOMIAN PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SRIWIJAYA)

IN, DIAN ROFITA and Syarifuddin, Syarifuddin and Asmi, Adhitya Rol (2021) Pembimbing : PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PETANI KOPI DI KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN EMPAT LAWANG PADA TAHUN 2008-2018 (SUMBANGAN MATERI MATA KULIAH SEJARAH PEREKONOMIAN PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SRIWIJAYA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of SK Pembimbing Dian Rofita Agustus 2021-1922-UN.9.FKIP-TU.SK-2021.pdf]
Preview
Text
SK Pembimbing Dian Rofita Agustus 2021-1922-UN.9.FKIP-TU.SK-2021.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perkembangan Perekonomian Masyarakat Petani Kopi di Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang Pada Tahun 2008-2018 (Sumbangan Materi Pada Mata Kuliah Sejarah perekonomian Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan masyarakat petani kopi dan apa pengaruhnya bagi kehidupan sehari-hari masyarakat di Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang dari tahun 2008-2018. Penelitian dilakukan pada bulan November 2020 hingga Desember 2020 menggunakan metode historis dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara secara mendalam dengan beberapa orang petani kopi, tokoh masyarakat, peagawai dinas pertanian, serta berbagai pihak terkait, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ekonomi, sosiologi, geografi. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan keterangan bahwa perekonomian masyarakat petani kopi mengalami perkembangan setiap tahunnya. Kehidupan kemasyarakatan yang terjadi di Kecamatan Talang Padang terjalin antar petani, para pegawai dirumah industri dengan pemilik rumah industri dan petani dengan pemerintah. Sementara itu tata cara, alat, dan bahan yang digunakan dalam proses pertanian dan produksi kopi terus berkembang dari waktu ke waktu. Mulai dari sistem pertanian yang perlahan mengenal sistem pencangkokan hingga proses produksi kopi yang dulunya hanya menggunakan alat-alat tradisional dan kini mulai mengenal alat-alat produksi yang lebih modern. Dalam rentang 2008 sampai 2018 terjadi perkembangan yang cukup signifikan dalam penjualan dan produksi kopi setiap tahunnya. Hal ini terbukti dengan makin terkenalnya merek kopi yang berasal dari Kabupaten Empat Lawang keberbagai wilayah luar dan makin luasnya areal pertanian kopi yang sekarang dibuka. Kata kunci : Perkembangan, Perekonomian, Petani, Kopi, Kecamatan Talang Padang

Item Type: Other
Additional Information: SK Pembimbing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S419-482 History
#4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 05 Apr 2022 22:58
Last Modified: 05 Apr 2022 22:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/67771

Actions (login required)

View Item View Item