ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI UPT SMA NEGERI 12 BANYUASIN III

NADIA, HARTISYAH and Wiyono, Ketang (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI UPT SMA NEGERI 12 BANYUASIN III. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823020_0022057904_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823020_0022057904_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai proses belajar dari rumah atau pembelajaran daring, tentu saja hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi setiap lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan peserta didik mengenai pembelajaran daring Fisika dan hubungan antara pembelajaran daring Fisika terhadap hasil besar. Metode yang digunakan adalah metode campuran embedded. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi guru mengenai pembelajaran daring mendapatkan respon netral, sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 meskipun dalam pelaksanaannya masih kurang maksimal dikarenakan kendala berupa signal dan kuota serta menurunnya minat belajar siswa pada saat pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran Fisika. Sedangkan peserta didik dalam pelaksanaannya mengalami kesulitan dalam memahami materi, kendala signal menjadi faktor utama penghambat proses pembelajaran serta 96,8% responden memilih lebih tertarik belajar dikelas karena dapat berinteraksi langsung dengan guru. Terdapat hubungan antara pembelajaran daring Fisika terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai sig. 0,035 < 0,05, besarnya korelasi antar keduanya dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,268 dengan tingkat hubungan dalam kategori lemah, pembelajaran daring Fisika memberikan pengaruh sebesar 7,2% terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran daring Fisika, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LH College and school magazines and papers
Q Science > QC Physics > QC120-168.85 Descriptive and experimental mechanics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hartisyah Nadia
Date Deposited: 05 Apr 2022 01:56
Last Modified: 05 Apr 2022 01:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/67901

Actions (login required)

View Item View Item