Pengembangan Bahan Fasilitasi Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Berbasis Open-Ended

Pirdaus, Pirdaus and Siroj, Rusdy A. and Ilma, Ratu (2010) Pengembangan Bahan Fasilitasi Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Berbasis Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). ISSN 1978-0044

[thumbnail of Artikel ini telah terbit di JPM 2010] Text (Artikel ini telah terbit di JPM 2010)
313 - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open-ended yang valid dan praktis dan 2) mengetahui efek potensial setelah guru menggunakan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open-ended. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau development research. Subjek penelitian adalah guru-guru SD yang menjadi peserta KKG SD Gugus III Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode walk through, observasi, tes hasil belajar, dan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas soal tes, dan analisis hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini telah menghasilkan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open-ended yang valid dan praktis. Validitas bahan fasilitasi ini tampak dari tinjauan, validasi, dan evaluasi pakar, panelis, dan tester terhadap isi, konstruksi, dan bahasa/budaya yang menyatakan bahwa bahan fasilitasi ini sudah baik. Bahan fasilitasi berupa instrumen tes hasil belajar, baik tes hasil belajar I maupun tes hasil belajar II, secara empirik juga valid. Kedua, penggunaan bahan fasilitasi pemberdayaan KKG SD pada mata pelajaran matematika berbasis open-ended dalam kegiatan KKG SD Gugus III Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir telah memberikan efek potensial berupa kemampuan guru yang cukup baik dalam menyusun soal open-ended matematika dan menyusun silabus dan RPP yang menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika di SD. Berdasarkan analisis tes hasil belajar, nilai rata-rata kemampuan guru menyusun soal open-ended melalui tes hasil belajar I adalah 71,32 sedangkan nilai rata-rata kemampuan guru menyusun silabus dan RPP dengan penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika di SD melalui tes hasil belajar II adalah 74,78. Kata kunci: bahan fasilitasi, KKG, open-ended

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: Dr Ratu Ilma
Date Deposited: 09 Sep 2019 11:24
Last Modified: 13 Dec 2019 03:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item