Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang

Sulastri, Elis and Hartono, Yusuf and Puri, Ratu Ilma Indra (2010) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). ISSN 1978-0044

[thumbnail of Artikel ini telah terbit di JPM 2010] Text (Artikel ini telah terbit di JPM 2010)
307 - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Kata kunci : Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: Dr Ratu Ilma
Date Deposited: 09 Sep 2019 11:24
Last Modified: 13 Dec 2019 03:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6819

Actions (login required)

View Item View Item